Polemik  Desa Lingkar Selatan, Soal Minim Dana di Event Nyale di Bantah Herdan

Lombok Tengah sinarlomboknews, Sejumlah desa Lingkar Selatan yang mengeluhkan sumber dana untuk perayaan Festival Pesona Bau Nyale di Lancing Desa Mekarsari, dan Pantai Selong Belanak dan sejumlah desa lainya di Praya Barat, di bantah keras oleh Kabag Humas dan Protokol Sekda Loteng L. Herdan.
L. Herdan mengatakan, event core Bau Nyale ini merupakan even nasional karna keunikannya, tradisi ini  telah ada ratusan tahun yang lalu serta mempunyai cerita legenda yang di percayai masyarakat Lombok Tengah ini, sehingga pihak pemerintah pusat menetapkan event ini menjadi Wonderful Event nasional dan lokasinya di Pantai Seger Kuta, Desa Kuta Kecamatan Pujut, walaupun kegiatan ini juga di lakukan di Pantai lain jelasnya.

Selanjutnya Mantan Camat Praya Barat ini mengatakan, Terkait dengan keluhan beberapa desa di Lingkar Selatan, seperti yang disampaikan oleh kepala Desa Mekarsari dan Desa Selong Belanak beberapa hari yang lalu terkait dengan pendanaan di Wonderful Event Bau Yale yang terpusat di Pantai Seger, Kuta Kecamatan Pujut ini merupakan pemahaman yang keliru terangnya, Kamis, 13 - 02 di Ruang Rapat Tastura 1, di Fres Conpres bersama insan Pers Loteng.

Selanjutnya Herdan menyampaikan Festival Pesona Bau Nyale yang terpusat di Pantai Kuta tersebut telah di tetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai event nasional, sebagai branding dari event nasional, jadi tidak bisa akan dipindahkan ke tempat lain, luar Desa walaupun, keberadaan Nyale itu ada di lokasi tersebut sehingga pusat tahunya event core Bau Nyale tersebut ada di Pantai Seger Desa Kuta Kecamatan Pujut, ini dilakukan untuk ajang promosi oleh pihak pusat sebagai branding  pariwisata di Lombok jelasnya.

Lebih jauh Herdan mengatakan pihak pemerintah daerah sangat mendukung perayaan Bau Nyale, atau menangkap cacing tersebut di sejumlah desa yang biasanya mengadakan acara Bau Nyale itu, tetapi jika mereka menuntut soal dana untuk mengadakan sejumlah kegiatan di acara bau Nyale tersebut pihak Pemda Lombok Tengah tidak sanggup untuk membiayainya, untuk bersama maklum karna rangkaian acara dalam Wonderful Event Pesona Bau Nyale ini sudah merupakan event Nasional sehingga sumber dana terbesar dari pusat pungkasnya. (Sln-01)

Comments

Popular posts from this blog