Suhaili, membuka Pelatihan dan Pengembangan Kapasitas Usaha di Lombok Tengah



Lombok Tengah Silaqsaksikaninformasintb, Suhaili membuka langsung pelatihan dan pengembangan kapasitas usaha yang di inisiasi oleh BUMN bidang Kepatuhan dan Menejemen Resiko PNM untuk UMKMK di Lombok Tengah hadir dalam acara ini Bupati Lombok Tengah H. Suhaili, Wakil Bupati HL. Fathul Bahri, Ketua Dprd Lombok Tengah H. Fuady, Forkofinda Ntb, Skpd lingkup Lombok Tengah, sekda Lombok Tengah Nursiah,  dirut PNM Kudrat Gunadi.

Dalam sambutanya Bupati Lombok Tengah H. Suhaili mengatakan masih adanya ego sektoral di lingkup SKPD Lombok Tengah karna terkadang bayak program yang pro rakyat dari pusat yang tidak di publikasikan artinya tidak transparan sehingga program tersebut menjadi mubajir salah sasaran tegasnya.

Di setiap dinas lanjut bupati 2 periode ini, seharusnya  ada sinergitas di antara dinas lingkup pemerintah daerah Lombok Tengah sehingga program seperti UMKMK berdampak lebih baik dan berkembang karna adanya sinergitas antara pelaku usaha tersebut dengan semua instansi pemerintah baik profensi maupun pusat sehingga perkembangan usaha menengah kecil UMKMK menjadi lebih berkembang karna terasa oleh pelaku bisnis tersebut maupun masyarakat sekitarnya kalau sinergitas dengan instansi pusat tentu akan di libatkan lebih bayak lagi misalnya si expo pameran bertaraf nasional maupun internasional itu harus di sinergitaskan lebih tajam lagi harapnya.

Selanjutnya ketua DPD Partai Golkar Ntb ini mengatakan Berbagai program untuk mengentaskan kemiskinan dari pusat itu telah dilakukan, tetapi menurut Suhaili kurang akuratnya data yang menjadi acuan di tiap Skpd, akibat kurangnya sinergitas tersebut sehingga gaung program dan dampak positifnya dalam menurunkan angka kemiskinan di Lombok Tengah menjadi berbagai persi terangnya.

Dua tahun terakhir angka kemiskinan turun sekitar 1.4 % itu di dukung oleh UKMK di Lombok Tengah, UMKMK ini peyumbang terbesar angka kemiskinan karna mereka mampu berdikari dan bisa menampung tenaga kerja terangnya.

Berbagai upaya terus di lakukan dengan melibatkan berbagai institusi seperti PNM , Bznas untuk
Memberdayakan dan membina UMKMK dengan memberikan bantuan permodalan juga memberikan bantuan manajemen, tehnisnya, pelatihan bagi anggota UMKMK tersebut terangnya.

PT Kepatuhan dan Manajemen Resiko PT PNM Persero permodalan Kudrat Gunadi
Mengatakan berbagai produk ada di Lombok Tengah seperti kerajinan tangan dan pertananian nya juga maju, tetapi angka kemiskinan di Lombok Tengah masih tinggi terangnya.
Gunadi berharap 5 tahun kedepan Loteng akan menjadi profensi percontohan di Indonesia karna semangat dari bupati dan masyarakat di Lombok Tengah begitu antusias dan semangat untuk membangun dirinya terutama para emak emak di Lombok Tengah ini tampak semangat untuk berkarya dan tentu ini yang kita harapkan. Win

Comments

Popular posts from this blog