Pesona Balibe Mulai di Minati Wisatawan Mancanegara dan Domestik

Lombok Tengah
 silaqsaksikaninformasintb Balibe adalah nama perbukitan yang elok nan rupawan jika anda menyaksikan, bukit Balibe ini berada di sebelah Selatan Kota Praya sekitar 20 KM dari Kota Praya tepatnya di Desa Bonder Kecamatan Praya Barat.
Jika anda melangkahkan kaki di daerah ini anda akan di suguhkan suasana perbukitan dengan suguhan pemandangan bagaikan permadani alam yang takkan kalah dengan wisata pegunungan lainnya sehingga tak heran bayak wisatawan asing maupun lokal bisa anda jumpai. Masyarakat Desa Bonder biasanya memanggil daerah Balibe dengan sebutan 'bawak gunung' bahasa Sasak yang artinya bawah gunung.

Lokasi ini  dulunya merupakan  tambang  batu dan sampai saat ini  tanah gunungnya dijadikan sebagai bahan utama pembuatan gerabah. Bukit balibe sendiri terletak tidak jauh dari jalan  raya parawisata selong blanak atau 30 menit perjalanan menggunakan sepeda motor dari Bandara Internasional Lombok. Sesampainya di tempat parkir  pengunjung akan lansung di suguhkan dengan kolam-kolam kecil bekas galian penambangan  tanah dan terkadang pengunjung masih bisa   menemukan penambang  batu yang ada tepat di bawah bukit, Perjalanan menuju puncak balibe dari tempat parkir  sekitar 15 menit sudah sampai di puncak, sesampai di puncak kita bisa lihat suasana persawahan yang begitu luas seperti di sembalun, Sunset yang begitu indah dapat jelas terlihat dari puncak bukit, Begitu juga dengan keindahan sunrise yang tak bisa ditemukan di tempat lain. pada malam hari, Lampu Bandara Internasional Lombok menambah keindahan malam diatas bukit, Sedangkan pada pagi hari pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan gunung anak agung yang ada di bali.

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindaha bukit Balibe, pengunjung cukup membayar uang kebersihan sebesar Rp. 5000 dan itu sudah termasuk biaya parkir, Sedangkan bagi pengunjung yang ingin menginap di bukit Balibe ada baiknya menggunakan porter atau pemandu kata Hasan yang merupakan salah satu Pemuda dan pemerhati wisata di Desa Bonder. Win

Comments

Popular posts from this blog