Pemerintah siapkan Pola Rumah Risha untuk Korban Gempa di Lombok


Lombok Utara, Silaqsaksikaninformasintb, Gempa bumi dengan skala 7 SR di 05 - 08 kemarin yang sebelumnya juga terjadi di tgl 29 - 07 dan setelahnya di tgl 09 - 08 6.4Sr dengan skala 6.2 SR telah meluluh lahtahkan hampir 60 ribu rumah di Kabupaten Lombok Utara dan pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai untuk rumah terdampak gempa kisaran 10 - 50 juta per keluarga untuk pembangunan akan di dampingi pihak Pu PUR dengan rumah Rumah Sistem Sederhana Sehat (Risha).
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan dalam siaran persnya dalam kunjungan kerjanya ke lokasi terdampak gempa di Lombok akan segera di bantu warga yang terdampak dengan prosedur yang tepat dan pembangunannya akan di laksanakan bertahap terangnya.
Untuk bantuan yang akan diberikan sesuai dengan kerusakan rumah yang rusak akibat gempa bumi tersebut dan bantuan akan langsung diberikan tunai tergantung kerusakannya dari 10 - 50 juta per kaka, dan untuk pembangunan sistem Risha itu akan di bantu dan langsung di awasi oleh dinas terkait Pu PUR terangnya 14 - 08 di Tenda Pengungsian Gempa Desa Gangga KLU.
Selanjutnya Jokowi menjelaskan bahwa Rumah sistem sederhana sehat (Risha) merupakan rumah anti gempa bumi karna tidak menggunakan semen dan batu bata tetapi merupakan rumah knock down yang menggabungkan panel panel beton dengan baut sistem rumah Risha ini telah dikembangkan sejak tahun 2004 di saat Profensi Aceh tergerus Tsunami dan telah terbangun rumah dengan pola ini ribuan jumlah dan telah teruji dan terbukti kuat Hingga kini ungkapnya. Win

Comments

Popular posts from this blog