Pemkab Loteng  Gelar Bimtek Desa Pangan Aman
 
Lombok Tengah Silaqsaksikaninformasintb, Pemerintah  Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) desa pangan aman di daerah destinasi wisata. 

Bupati Loteng melalui Asisten I Setda Loteng, HL Moh Amin menyampaikan, pangan sebagai kebutuhan pokok bagi penduduk Indonesia yang berjumlah 250 juta jiwa. Maka keberadaannya mesti jadi atensi agar kebutuhan pangan terpenuhi.
Apalagi kata dia, pertumbuhan ekonomi dari sektor pangan mencapai 8,8 persen pada periode Januari-September 2014 lalu. 

“Perkembangan teknologi produksi dan bahan pangan yang sangat pesat menyisakan pertanyaan terkait keamanan pangan. Di mana budaya pemilihan jenis pangan mulai bergeser dari pangan domestik rumah tangga ke pangan olahan,” jelasnya.
Karenanya, melalui pelatihan ini pelaku industri pengolahan pangan diajak memilih pangan olahan yang aman, bermutu,dan bergizi, khususnya ke desa-desa.

“Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 tahu  2004 pembinaan terhadap produsen pangan olahan dilaksankaan oleh Kepala Badan, dan pembinaan terhadap Pemda dan masyarakat di bidang pengawasan pangan dilaksankaan Kepala Badan itu sendiri,” bebernya.

Di sisi lain, dengan menyentuh pelatihan di daerah destinasi wisata merupakan suatu keharusan. Sebab, bakal berdampak pada berbagai profesi seperti pengusaha di bidang travel dan kuliner terangnya kemarin.

“ Pemberian bimtek seputar keamanan pangan ini sebagai bentuk intervensi pangan dari Pemkab bersama leading sektor terkait ke para pedagang dan pengusaha UMKM,” jelasnya.
 “Kita ingin bentuk budaya pangan aman dalam kehidupan sehari-hari. Serta menjadi duta sadar pangan aman di daerah masing-masing,” pungkasnya.


 

Comments

Popular posts from this blog